TNI-POLRI Bergerak Cepat Damaikan Konflik Antar Warga di Puncak Jaya

TNI-POLRI Bergerak Cepat Damaikan Konflik Antar Warga di Puncak Jaya

355
0
BERBAGI

Tibra BI, Papua – Kapolres Puncak Jaya bergerak cepat damaikan konflik antar masyarakat Kalome dan Tingginambut Puncak Jaya.

Pasca pergantian kepala kampung di Bulan Juli 2018 yang lalu, situasi di Distrik Kalome dan sekitarnya terus bergejolak.

Dimana sering terjadi perang antar kelompok, sehingga pemerintah daerah dan pihak keamanan memutuskan untuk melakukan acara perdamaian (Belah Kayu Doli) sebagai simbol perdamaian yang dilaksanakan di Distrik Kalome, Sabtu (03/11/2018).

Dalam sambutan Kapolres Puncak Jaya Akbp. Ary Purwanto, SIK mengatakan ” hari ini adalah hari paling bersejarah, karena sebentar kita akan melakukan kegiatan perdamaian adat.

Yakni belah kayu doli dimana itu merupakan simbol perdamaian antara kedua belah pihak. Dari pihak Kalome dan Tingginambut (Wonwi dan Waegi) dan saya harapkan kedepannya tidak terjadi lagi peperangan yang dapat merugikan kita semua “.

Dengan berakhir peperangan ini proses perdamaian telah dilaksanakan maka aktivitas masyarakat seperti biasa dapat kembali normal seperti biasa. Serta proses pembangunan di Kabupaten Puncak Jaya ini dapat kembali berjalan sehingga kedepannya kita semua dapat merasakan hasilnya ” ujarnya Kapolres Puncak Jaya.

Ditempat yang sama Bupati Puncak Jaya Yuni Wonda, S.Sos S.Ip MM mengatakan ” terimakasih kepada masyarakat Kalome dan Tingginambut yang sudah bersepakat untuk berdamai. Tidak akan berperang lagi dengan ditandai proses belah kayu doli.

Saya harapkan kedepan masyarakat jangan mudah terprovokasi oleh oknum yang ingin memecah belah. Jadi kita semua harus bersatu dan berdamai, rencana nanti pada yang 15 November 2018 akan mengadakan acara syukuran bakar batu dalam rangka proses perdamaian”.

” Terimakasih kepada para Muspida yang sudah menfasilitasi kami untuk melakukan perdamaian adat ini. Saya akan menghimbau kepada masyarakat yang lainnya untuk tidak berperang” tutup Kepala perang Kalome Terbang Wonda.

Dalam prosesi belah kayu doli tersebut turut dihadiri oleh para Muspida Kabupaten Puncak Jaya diantaranya Bupati Puncak Jaya Yuni Wonda, S.Sos S.Ip MM, Wakil Bupati Puncak Jaya Deinas Geley, S.Sos M.Si, Kapolres Puncak Jaya Akbp. Ary Purwanto, S.IK, Dandim 1714/Pj Letkol Inf. Akmil Satria Darmawi, Ketua II DPRD Puncak Jaya Mendi Wonorengga, Plt. Sekda Puncak Jaya Tumiran, S.Sos M.Ap, Kabag Ops Polres Puncak Jaya Akp. Carroland Ramdhani, S.IK serta pejabat eselon II dan III Puncak Jaya.

Laporan : Kabid Humas Polda Papua Kombes. Pol. Drs. Ahamad Musthofa Kamal, SH.
Laporan II : Aripin P Pusung, Tibra BI, Papua.
Publikasi & Editor : Dedi Prima, Tibra BI, Pusat.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY