Bawa Ganja 1 Kg, EK Diringkus Polsek Pelabuhan Laut Jayapura

Bawa Ganja 1 Kg, EK Diringkus Polsek Pelabuhan Laut Jayapura

168
0
BERBAGI

Tibra BI, Jayapura – Diamankan pelaku Engel Karubaba pemilik paketan yang diduga Narkotika jenis Ganja kering dengan berat sekitar 1 Kg.

Pada hari dan tanggal tersebut diatas sekitar pukul 17.15 Wit, bertempat di tangga naik kapal saat KM. Ciremai melaksanakan kegiatan Embarkasi. Buruh TKBM pelabuhan Jayapura yang diduga pelaku sedang mengangkat tas Rinjani hendak naik keatas kapal melalui tangga naik.

Personil yang saat itu sedang melakukan pengamanan melihat tas Rinjani tersebut dan melakukan pemeriksaan. bertempat di Dermaga Baru Pelabuhan Laut Jayapura, Senin, (12/11/2018).

Setelah dilakukan pemeriksaan personil berhasil menemukan ganja kering yang dikemas dalam plastik warna hitam dan dililit dengan kelambu nyamuk warna putih.

Selanjutnya buruh TKBM yang diduga pelaku tersebut diamankan di Mapolsek KPL Jayapura untuk dilakukan pemeriksaan awal. Dari hasil pemeriksaan bahwa tas Rinjani yang berisikan daun ganja kering yang dibawanya tersebut didapat dari buruh luar Yopi Fonataba untuk dibawa keatas kapal yang berada di Dek V KM. Ciremai.

Kemudian pada pukul 19.15 Wit, pelaku dan barang bukti diserahkan kepada Sat Narkoba Polres Jayapura Kota guna penyelidikan dan proses hukum lebih lanjut.

Identitas pelaku berhasil diamankan: Engel Karubaba, Laki-laki 41 Tahun, Buruh TKBM Pelabuhan Jayapura, Warga Dok IX Pantai Distrik Jayapura Utara.

Barang Bukti yang berhasil diamankan: 1. 31 (Tiga Puluh Satu) bungkus plastik bening ukuran sedang berisikan narkotika jenis ganja kering dengan berat sekitar 1 (satu) kg: 2. 1 (satu) buah tas rinjani warna putih motif gambar kartun anime.

Tindakan kepolisian yang dilakukan yakni mengamankan pelaku dan barang bukti, membuat laporan polisi, melakukan penyelidikan dan penyidikan. Sementara kasus tersebut dalam penanganan Sat Narkoba Polres Jayapura Kota.

Atas perbuatannya pelaku dijerat dengan pasal 112 (1) UU No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman pidana penjara paling singkat 4 (empat) tahun dan paling lama 12 (dua belas) tahun dan pidana denda paling sedikit Rp. 800.000.000,00,- (Delapan ratus juta rupiah) dan paling banyak Rp. 8.000.000.000,00,- (Delapan miliar rupiah).

Laporan : Kabid Humas Polda Papua Kombes. Pol. Drs. Ahamad Musthofa Kamal, SH.
Laporan II : Aripin P Pusung, Tibra BI, Papua.
Publikasi & Editor : Dedi Prima, Tibra BI, Pusat.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY