Forum Internasional, Kapolri Beberkan Counter Strategy Lawan Terorisme

Forum Internasional, Kapolri Beberkan Counter Strategy Lawan Terorisme

139
0
BERBAGI

Tibra BI, Melbourne – Kapolri Jenderal Polisi H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D, menjadi pembicara dalam forum Victoria Police and Leadership in Counter Terrorism Alumni Assocition 2018.

Internasional Counter Terrorism Forum digelar selama 3 hari di Grand Hyatt Hotel, Melbourne Australia, Rabu, (12/12/2018).

Dengan tema “Solving the CT Puzzle-Informed, Innovative, and Responsive, forum internasional yang digagas oleh LinCT ini diikuti oleh para penegak hukum, manajemen emergensi, pemerintah dan akademisi dari berbagai negara di dunia.

Dengan mendasari pada studi kasus yang terjadi di Indonesia, Kapolri membawakan presentasi dengan judul Strategy and Counter Strategy of Terrorist Network.

Kapolri Jenderal Polisi H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D mengatakan, bahwa penting bagi kalangan penegak hukum untuk memahami pemahaman, mind set, maupun perilaku bertindak yang menjadi strategi dari pelaku teror.

“Pemahamanan ini akan mempengaruhi pilihan bertindak bagi para penegak hukum guna melaksanakan counter strategy untuk mencegah dan menanggulangi kejahatan terorisme,” jelas Kapolri.

Menurut Kapolri Jenderal Polisi H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D, perkembangan terorisme global saat ini dapat di kategorikan kedalam dua gelombang, gelombang pertama terjadi sejak kemunculan Al-Qaedah dan bagaimana hubungannya dengan Jamaah Islamiyah di Indonesia dan gelombang kedua mulai dirasakan sejak kehadiran ISIS dan bagaimana pengaruhnya dengan Jamaah Anshorut Daulah (JAD) yang ada di Indonesia.

Selain itu, Kapolri Jenderal Polisi H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D menyebutkan, dua hal penting yang bisa ditempuh dalam penanganan kejahatan terorisme, pertama melalui pendekatan keras atau hard approach maupun pendekatan lunak atau soft approach.

“Namun ditegaskan olehnya bahwa kedua pendekatan ini harus berjalan secara simultan guna mengoptimalkan hasil dan tujuan yang hendak dicapai,” tutur Kapolri.

Sebagai salah seorang expert dalam bidang pemberantasan terorisme, kehadiran Kapolri sangat ditunggu dalam forum internasional tersebut dan terbukti dimana presentasi oleh Kapolri menyita perhatian dari seluruh peserta yang dengan antusias mengikuti dan menyimak sampai dengan selesainya acara, pangkas Kapolri.

Laporan: Humas Mabes Polri.
Publikasi: Dedi Prima, Tibra BI.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY