Pangdam II/Swj Pimpin Upacara Dirgahayu Korp Infanteri TNI AD ke 70

Pangdam II/Swj Pimpin Upacara Dirgahayu Korp Infanteri TNI AD ke 70

126
0
BERBAGI

Tibra BI, Palembang – Pangdam II/Swj Mayjen TNI Irwan, SIP, M. Hum pimpin lansung upacara Dirgahayu Korp Infanteri TNI AD tahun 2018.

Dalam rangkaian peringatan Hut Infanteri yang tahun ini memasuki usia Ke-70 tahun. Sebelumnya telah dilakukan gerak jalan peleton beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya (YWPJ) selama 4 hari, secara terus menerus/non stop siang dan malam. Sejak tanggal 16 Desember 2018 lalu dan mencapai finish pada tanggal 19 Desember 2018 bertepatan dengan Hari Infanteri. Sekedar diketahui Infanteri merupakan salah satu kecabangan kesenjataan dan Korps terbesar di TNI Angkatan Darat.

Peserta gerak jalan Peleton Beranting (Tonting), terdiri dari peleton inti satuan tempur Infanteri yang terdiri dari Yonif Raider 200/BN, Yonif 141 AYJP, Yonif Raider 142/KJ, Yonif 143/TWEJ dan Yonif 144/JY. Bertempat halaman kantor Gubernur Provinsi Jambi di Jalan Depati Purbo Pematang Sulur, Telanaipura, Kota Jambi, Rabu, (19/12/2018).

Sedangkan peleton pengantar (pendamping) dari satuan bantuan tempur, yakni: Yonkav 5/DPC, Yonarmed 15/105 Tarik, Yonarhanud 12/SBP, Yonzipur 2/SG dan Yonzikon 12/KJ.

Pasukan ini berjalan menempuh jarak sekitar 227,7 KM, yang dibagi dalam 10 etape. Untuk etape terakhir gerak jalan peleton beranting (etape ke-10).

Selain peleton inti dan peleton pengantar, Pangdam II/Swj Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M. Hum, Kapolda Jambi Irjen Pol Drs Muchlis AS MH, Para Komandan Korem jajaran Kodam II/Swj, para pejabat teras dan para Perwira Korp Infanteri Kodam II/Swj bersama para pejabat utama dan personel Polda serta Satpol PP Jambi mengikuti jalan kaki bersama – sama dengan Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya (YWPJ) Yonif Raider 142/KJ. Dan di etape terakhir yang mengambil start di SLB Negeri Prof. Dr, Sri Sudewi sampai dengan finish di Halaman Kantor Gubernur Jambi dengan jarak tempuh 3,5 KM.

Sesampainya di Halaman Kantor Gubernur Jambi, dilanjutkan dengan upacara penyambutan Peleton Beranting YWPJ etape terakhir yang dipimpin Pangdam II/Swj Mayjen TNI Irwan, SIP, M. Hum. Selesai gerak jalan peleton beranting dilanjutkan dengan upacara peringatan Hari Infanteri tepat pukul 08.00 Wib.

Upacara ini selain diikuti oleh seluruh prajurit Kodam II/Swj, juga melibatkan pasukan dari Polresta Jambi, Dishub Jambi, Satpol PP Jambi, Polhut Jambi, PMK, Menwa dan para pelajar Pramuka se-Kodya Jambi.

Dalam upacara Hari Infanteri tersebut juga ditampilkan pasukan Infanteri tempo dulu, ketika merebut dan mempertahankan kemerdekaan dari tangan penjajah.

Dengan pakaian dan persenjataan serba sederhana, pasukan Infanteri tempo dulu tersebut menyapa untuk mengingatkan generasi muda akan perjuangan TNI AD di masa lalu.

Adapun tema yang diusung pada peringatan Hari Infanteri ke-70 tahun 2018 kali ini adalah, “Dengan semangat Yuddha Wastu Pramukha, Prajurit Infanteri Mengabdi dan membangun Bersama Rakyat”. Tema tersebut mencerminkan komitmen dan tekad yang kuat prajurit dan satuan Infanteri untuk menjadi tangguh, profesional, modern serta dicintai dan mencintai rakyat.

Makna tema tersebut, memancarkan semangat pengabdian dan perjuangan tanpa akhir untuk terus memperkokoh kemanunggalan dengan rakyat. Serta membangun sinergitas dengan segenap komponen bangsa lainnya sebagai kekuatan bela negara dalam sistem pertahanan semesta.

Hadir pada puncak peringatan Hari Infanteri tersebut, Gubernur Jambi, Kapolda Kapolda beserta FKPD Provinsi Jambi, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat dan FKPPI, PPM, HIPAKAD dan tamu undangan lainnya.

Laporan: Suherman, Tibra BI, Jambi.
Editor & Publikasi: Dedi Prima, Tibra BI, Pusat.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY