Dua Program Unggulan Polri Jelang Penilaian Top 45 Pelayanan Publik

Dua Program Unggulan Polri Jelang Penilaian Top 45 Pelayanan Publik

68
0
BERBAGI

Banyuwangi – Mabes Polri berupaya dua program pelayanan publik yang dilakukan jajarannya masuk Top 45 Inovasi Pelayanan Publik (Sinovik) 2019. Dua program itu diharapkan masuk Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2019 yang digelar Kemenpan RB.

Dua program pelayanan publik tersebut yakni Bhabinkamtibmas Respons Pengaduan Setiap Pelayanan Publik (Barisan Siap) milik Polres Banyuwangi dan Inovasi pelayanan publik Polresta Sidoarjo, yakni SKCK Online dan SKCK Keliling Online.

Keduanya sudah masuk dalam Top 45 Inovasi Pelayanan Publik (Sinovik) 2019. Untuk memantapkan persiapan penilaian yang bakal di gelar tanggal 11 Juli mendatang di KemenPAN-RB, dan Asisten Perencanaan dan Anggaran (Asrena) Kapolri Irjen. Pol. Drs. Agung Sabar Santoso, SH, MH, melakukan kunjungan ke Banyuwangi, Senin (01/07/2019).

“Ada dua program kami yang masuk dalam Top 90 Inovasi Pelayanan Publik (Sinovik) 2019. Hari ini kita cek jelang penilaian ini,” jelasnya Jenderal Bintang Satu itu.

Sebelumnya Asrena sudah melakukan pengecekan di Polres Sidoarjo. Ia juga mengecek program pengurusan SKCK secara online, masyarakat kian dipermudah dalam mekanisme pengurusan. Waktu yang dibutuhkan juga dipercepat juga tanpa ribet.

Sementara di Banyuwangi, Asrena Kapolri melakukan pengecekan program Babinkamtibmas Respon Pengaduan Setiap Pelayanan Publik (Barisan Siap) milik Polres Banyuwangi di Desa Jambewangi Kecamatan Sempu.

Keberhasilan petugas Babinkamtibmas Desa setempat, Brigadir Oki Heru Prasetyo merukunkan warga yang berkonflik dan pembuatan rumah singgah yang memperpendek jarak antara perkampungan dengan fasilitas kesehatan juga menjadi calon jawara di Top 45 Inovasi Pelayanan Publik.

“Kita juga lihat bagaimana penerapan program itu. Jika memang sangat bermanfaat dan diterapkan aparat kepolisian bukan tidak mungkin nanti diadopsi oleh daerah lain. Polda-Polda dan Polres bisa datang kesini mencontoh program Banyuwangi dan Sidoarjo,” lanjutnya.

Jenderal Bintang Satu itu juga menjelaskan bahwa untuk lebih memantapkan program-program unggulan tersebut, pihaknya sudah membantu infrastruktur dan pirabti lunak untuk mendukung kinerja program-program tersebut. Pihaknya meminta kepada daerah-daerah lain juga menghalalkan berbagai program inovasi.

“Jika bagus hujan tidak mungkin kami bantu infrastruktur dan pirabti lunak untuk pelayanan publik,” pungkas Mantan Kadivkum Polri itu. (my/sw/hy)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY