Polda Kalbar Tangani 5 Kasus Kebakaran Hutan dan Lahan

Polda Kalbar Tangani 5 Kasus Kebakaran Hutan dan Lahan

62
0
BERBAGI

Pontianak – Kepolisian Daerah Kalimantan Barat terus menggalakan patroli pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Selain dampak dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) merugikan negara Indonesia juga tetangga, upaya memaksimalkan penangangan ini juga setelah adanya ultimatum dari Presiden Republik Indonesia Jokowi yang akan mencabut jabatan Polri, jika tak becus mengatasi persoalan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Kabid Humas Polda Kalimantan Barat Kombes. Pol. Donny Charles Go memastikan penanganan terhadap para pelaku karhutla di Kalbar terus berjalan. Sepanjang Tahun 2019, Polda Kalimantan Barat sudah menanganani lima kasus karhutla. Dua di antaranya sudah selesai dan dilimpahkan ke kejaksaan.

“Dari Januari sampai Agustus ini, ada lima laporan kebakaran hutan dan lahan yang sudah kita proses. Dua kasus di wilayah hukum Polresta Pontianak, satu di Polres Mempawah dan dua di Polres Ketapang. Dua diantaranya sudah dilimpahkan ke jaksa,” ujarnya Kabid Humas Polda Kalimantan Barat, Jumat (09/08/2019) Siang.

Selain itu, Kabid Humas Polda Kalimantan Barat juga mengatakan, data kasus karhutla di tahun 2018 berhasil menangani 29 kasus dengan total 39 tersangka. Pihaknya sudah sangat sering melakukan sosialisasi terkait imbauan dan penanganan karhutla serta bahayanya. Mulai dari tertulis, spanduk, banner semua sudah dilakukan dari jauh hari. Namun situasi saat ini mengharuskan Polda Kalbar melakukan penegakan hukum.

Polda Kalimantan Barat tidak henti-hentinya mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak melakukan pembakaran lahan. Jika di sekitar ada karhutla, segera laporkan atau lakukan upaya pemadaman. Jangan biarkan menjadi besar. Karena ini tanggung jawab kita bersama,” tutup Kabid Humas Polda Kalimantan Barat.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY