Kapolda Riau Sambut Kedatangan Panglima TNI dan Kapolri ke Riau Tinjau Karhutla

Kapolda Riau Sambut Kedatangan Panglima TNI dan Kapolri ke Riau Tinjau Karhutla

28
0
BERBAGI

Riau – Kapolda Riau Irjen. Pol. Drs. Widodo Eko Prihastopo, MM., menyambut kedatangan Kapolri, Jenderal Pol. Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D., dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., dalam rangka mengecek lokasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Riau.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc., turut hadir dalam kunjungan tersebut. Dalam kunjungan tersebut, Kapolri dan Panglima TNI langsung mendengarkan paparan dari Gubernur Riau terkait situasi titik api termasuk upaya pemadaman di Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Riau.

Saat ini, Riau menjadi prioritas karena dinilai karhutla di sana cukup masif. Selain itu, salah satu tersangka dari peristiwa karhutla di Riau adalah korporasi, yakni Sumber Sawit Sejahtera (SSS) yang dianggap lalai menjaga lahan.

Diketahui Satuan Tugas Penanggulangan Karhutla Riau mencatat lebih dari 4.700 hektare lahan di wilayah itu hangus terbakar sepanjang 2019. Akan tetapi, Kepala Seksi Peringatan dan Deteksi Dini Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim Eva Famurianty menyatakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mencatat luas Karhutla di Riau telah mencapai 27.635 Hektare.

Salah satu tersangka pembakaran adalah PT. SSS yang merupakan perusahaan perkebunan sawit di Kabupaten Pelalawan. Penetapan tersangka setelah melalui serangkaian penyelidikan, kemudian menemukan cukup bukti. Polri telah memintai keterangan saksi ahli untuk menguatkan PT. SSS sebagai tersangka secara korporasi.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY